Selasa, 27 November 2012

SUKSES ITU PILIHAN

0 komentar


Stasiun & Program acara  :  Kompas TV “SOSOK”
Tayang  :  Kamis, 25 Oktober 2012. Jam 21.00-21.30
SINOPSIS
Fauzan adalah seorang pemuda lulusan SMA, ayahnya PNS dengan gaji pas-pasan yang menambah penghasilan dengan wirausaha kecil. Fauzanpun terbiasa membantu ayahnya. ari situ dia memiliki keinginan untuk menjadi seorang pengusaha. Terinspirasi saat jajan siomay dia ingin mencoba buka usaha siomay, modal dipinjamkan ayahnya dari koperasi. Berdirilah warung siomay fauzan, belum ada sebulan dia bangkrut karena ditipu oleh dua orang karyawannya. Tidak jera, diapun mencoba lagi mendirikan usaha konveksi, berjalan beberapa minggu lagi-lagi dia bangkrut karena ditipu oleh suplyernya.
Tidak berlarut-larut dalam kesedihan karena bangkrut, fauzan ditawari ayahnya untuk membersihkan kolam belakang rumah yang kosong untuk kemudian dikasih lele. Ternyata hasilnya lumayan untuk sekedar lauk makan dan dibagikan pada tetangga. Dari situ fauzan berusaha untuk mengembangkan usaha budidaya lele. Dia menambah jumlah bibit, tetapi hasil yang didapat tak sebanding dengan biaya produksi. Dia mendapat tips dari ahli pangusaha lele, bahwa bisnis adalah seberapa besar manfaat yang dihasilkan untuk orang lain bukan hanya keuntungan finansial semata.
Dalam kegalauannya dia konsultasi dengan ustadz untuk menanyakan kenapa dalam bisnisnya selalu gagal. Ternyata dia tidak mendapat restu dari orang tua. Karena orang tuanya mengininkan dia kuliah dan bekerja kantoran yang mapan. Lalu fauzan membuat perjanjian dengan kedua orang tuanya, dia ingin mencoba sekali lagi bisnisnya dengan syarat restu, kalau gagal fauzan akan mengukuti semua permintaan orang tuanya. Disinilah titik balik keberhasilan fauzan, dia mengajak pemuda-pemuda pengagguran untuk ikut bersamanya mengembangkan bisnis. Karena tak kenal lelah dan pantang menyerah, akhirnya dia sukses. Dia menjual lelenya ke restoran-restoran terkenal. Selain itu dia membantu petani lele lainnya dengan membuka outlet penjualan lele, agar tidak menjual pada tengkulak yang menghargai lele dengan murah. Inilah keyword keberhasilannya, bisnis adalah kerja keras dan ,manfaat bagi orang lain.

0 komentar:

Posting Komentar