Senin, 22 Oktober 2012

Serba-serbi Jejaring Sosial

0 komentar

PILIH FACEBOOK ATAU FB.CO.ID?


Masih berbicara dalam frame cyber, kali ini saya ingin membahas tentang sosial network yang akhir-akhir ini telah menjamur hampir diseluruh lapisan masyarakat di Indonesia pada khususnya dan di Dunia pada umumnya. Tidak bisa dipungkiri sosial network atau jejaring sosial sudah menjadi salah satu kebutuhan manusia untuk bersosialisasi antar sesama. Tidak hanya sebatas sosialisasi, tetapi juga bisa dimanfaatkan dalam berbagai bidang. Seperti politik, sosial, agama, bisnis dan lain-lain. Tetapi layaknya baterai yang memiliki dua kutub jejaring sosial juga ada sisi positif dan negatifnya. pada kesempatan kali ini, saya tidak ingin membahas lebih dalam sisi positif dan negatif dari jejaring sosial, tetapi terlebih dahulu saya ingin mengupas lebih dalam tentang jenis jejaring sosial lokal dan internasional. Baik dari segi fitur, konsep, kelebihan dan kekurangan masing-masing.
Disini saya ingin membahas facebook yang juga menjadi faforit saya untuk sekedar up to date ataupun untuk kepentingan tugas-tugas kuliah, kedepannya akan saya manfaatkan sebagai lahan bisnis. Kemudian saya juga akan membandingkannya dengan jejaring sosial buatan anak bangsa, yaitu fb.co.id yang masih kalah populer denga facebook.
Pertama facebook tidak diragukan lagi bahwa banyak orang yang meminatinya. Pertama karena fiturnya yang cukup lengkap, di tampilan halam login hampir sama antara facebook dengan fb.co.id tetapi lebih simpel facebook, karena fb.co.id harus memasukkan e mail, password, konfirmasi e mail dan keamanan. Tetapi secara teknis di laman login hampir sama.
sekilas dihalaman beranda juga hampir sama antara kedua jejaring, namun di facebook lebih simpel dan menarik. Sedangkan di fb.co.id terlalu njlimet, mungkin karena belum familiar juga.
Nah dari sedikit gambaran tadi dapat ditarik kesimpulan tentang kelebihan kekurangan dan fitur-fiturnya. Fitur di facebook cukup banyak, bisa untuk meng up load foto, unggah file, mengajukan pertanyaan, meminta pertemanan, ada kolom chating, ada juga kolom untuk teman-teman yang sedang up date, bisa juga up load video. Jadi dari segi fitur facebook cukup lengkap namun ringkas, konsep situs mudah untuk dipahami. Letak kelebihan dari facebook adalah jaringannya yang sudah mendunia dan simpel, sehingga banyak orang dari seluruh penjuru dunia yang dapat saling terhubung. Kekurangannya facebook terlalu monoton soal tampilan, kemudian dalam pencarian pertemanan otomatis hanya terbatas pada temannya teman kita. Sehingga kurang luas jaringannya.
Yang kedua tentang fb.co.id. Konsep situs kurang menarik dengan tulisannya yang didominasi warna hijau menjadi kurang jelas, sebenarnya hampir sama juga dengan facebook. Kemudian soal kekurangan fb.co.id yaitu terletak pada pencarian teman, soalnya kalau di fb.com menggunakan sistem member, jadi setiap orang yang belum menjadi member tidak akan bisa menjadi teman di fb.co.id. Berbicara tentang kelebihan jejaring sosial ini memiliki fitur yang menarik seperti video-vodeo terpopuler. Kemudia fb.co.id bisa terhugung dengan jejaring sosial lainnya, bisa masuk lewat fb, twitter atau yang lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar